Serangan udara Israel

Serangan udara Israel

Jerusalem – Sebuah pesawat tempur milik Israel diberitakan telah kembali melakukan serangan udara ke daerah perbatasan dengan Palestina. Dalam serangan tersebut, pihak Israel mengungkapkan bahwa mereka telah menghancurkan sebuah markas militan Palestina di jalur Gaza. Serangan tersebut dilakukan sebagai bentuk balasan atas tembakan roket yang telah dilakukan oleh militan Palestina pada 19 April silam. Hal ini seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Minggu (28/4/2013).

Berkaitan dengan insiden itu, pihak pemerintah Palestina mengungkapkan bahwa serangan tersebut menghantam sebuah basis latihan militer yang berada di Rafah yang berada di selatan Jalur Gaza. Tidak ada korban jiwa dalam serangan ini.

Disisi lain, berkaitan dengan pernyataan Israel tentang serangan roket ke wilayah mereka, tidak ada satupun pihak militan Palestina yang menyatakan bertanggung jawab atas insiden tersebut. Roket tersebut juga hanya menghantam sebuah lahan kosong dan tidak menyebabkan korban jiwa.

Seperti yang kita ketahui, beberapa minggu terakhir ini pihak Hamas yang menguasai Jalur Gaza sangat sering melakukan serangan roket ke wilayah Israel. Padahal, Palestina dan Israel telah mencapai kesepakatan untuk melakukan gencatan senjata setelah konflik delapan hari pada bulan November tahun lalu.

Untuk itu, pihak Israel selama ini mengkalaim guna mencegah serangan roket dari para militan, mereka telah melakukan serangan udara ke basis – basis militan di Jalur Gaza. Terakhir, serangan tersebut mereka lakukan pada 3 April yang lalu. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)