Serangan rudal Israel

Serangan rudal Israel

Damaskus – Minggu pagi waktu setempat (5/5/2013) Israel telah melakukan sebuah serangan terhadap salah satu fasilitas penelitian militer milik pemerintah Suriah yang berlokasi di dekat Damaskus. Serangan yang dilakukan oleh pihak Israel terhadap Suriah ini merupakan serangan ketiga yang dilakukan oleh negara tersebut serta menunjukkan bahwa Israel turut terlibat dalam pecahnya perang saudara yang terjadi di negara Suriah.

Mengenai alasan dari serangan yang dilakukan oleh pihak Israel tersebut, Israel berpendapat bahwa serangan tersebut mereka lakukan lantaran untuk mencegah jatuhnya senjata milik Suriah ke tangan para militan garis keras Hizbullah. Menurut mereka, Hizbullah merupakan salah satu sekutu terdekat pemerintahan Suriah dan kerap mendapatkan pasokan senjata dari negara yang dipimpin oleh Bashar Al Assad tersebut. Hal ini seperti yang telah dikutip dari Telegraph, Minggu (5/5/2013).

Sebelum serangan ini terjadi, Israel juga telah melakukan beberapa serangan yang terjadi pada bulan Januari serta Maret lalu. Kedua serangan tersebut dilancarkan dengan alasan untuk menghentikan pengiriman senjata milik Hizbullah. Seperti yang kita ketahui, Hizbullah merupakan musuh terbesar dari Israel. Dalam serangan rudal ini, pihak pemerintah Suriah mengemukakan bahwa telah terdapat korban jiwa. Akan tetapi, pihak pemerintah tidak menyebutkan jumlahnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)