Google Android 5.0

Google Android 5.0

California – Dari hasil survei sebuah riset ComScore, selama kuartal satu di tahun 2013 ini mengenai sistem operasi smartphone yang ada di Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa Google masih mendominasi sekitar 52 persen pasar OS smartphone.

Seperti yang dilansir dalam Neowin, Senin (6/5/2013), walaupun Google telah mendominasi pasar OS namun jika dibandingkan pada kuartal akhir 2012 ini turun sekitar 1,4 persen. Sedangkan pesaingnya, Apple berada di posisi kedua dengan perolehan 39 persen atau naik sekitar 2,7 persen.

Untuk tiga OS smartphone yang lain seperti Balcberry, Microsoft dan Symbian berturut-turut mengekor dibelakang Google dan Apple. Bahkan pangsa pasar Blackberry mengalami penurunan sebesar 5,2 persen atau turun sekitar 1,2 persen dibandingkan pada akhir 2012 kemarin.

Sedangkan Microsoft, sampai saat ini belum bisa menandingi Windows Phone, Galaxy dan juga iPhone. Hal ini terbukti dengan hasil riset yang mengungkapkan bahwa Microsoft hanya menguasi sekitar 3 persen pasar AS, sedangkan Symbian menguasai sekitar 0,5 persen.

Selain itu dari hasil riset yang dilakukan oleh ComScore, mereka juga merilis bahwa saat ini ada sekitar 136,7 juta orang pengguna smartphone yang ada di AS. Dimana sekitar 30 persen didominasi Apple, lalu Samsung, HTC, Motorola dan juga LG. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)