KPU

KPU

Jakarta – Dalam sejumlah nama daftar caleg yang telah diumumkan oleh KPU, ada banyak sekali nama-nama caleg dari beberapa parpol yang tidak lolos dalam verifikasi. Bahkan tidak lolosnya caleg ini dikarenakan ternyata parpol tidak melengkapi berkas kelengkapan seorang calon legislatif.

Sejumlah artis tersebut adalah bacaleg PAN Giselle Anastasia dari Dapil Jawa Barat I. Dari PPP ada Nashrullah ‘Mat Solar’ dari Dapil DKI Jakarta III dan Emilia Contessa dari Dapil Jawa Timur III. Ada juga Jamal Mirdad dari Partai Gerindra Dapil Jawa Tengah I dan Bella Safira dari Dapil Nusa Tenggara Barat.

Dengan demikian tentunya dapat dikatakan bahwa parpol hanya ingin memperoleh perolehan suara yang banyak dari para publik figure tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Titi Anggraeni sebagai pengamat politik, Jumat (10/5/2013) berpedapat bahwa “ Dengan banyaknya nama artis yang masuk dalam daftar caleg parpol yang tidak mengumpulkan berkas persyaratan sama sekali menunjukkan bahwa parpol hanya ingin memasukkan namanya saja tanpa memperdulikan berkas yang dibutuhkan.”

Oleh karena itu, hal ini tentunya menunjukkan ketidaksiapan parpol dan buruknya manajemen dalam kepengurusannya jelang Pemilu 2014. Titi juga menambahkan bahwa jika memang para artis tersebut benar-benar ingin menjadi wakli rakyat tentunya mereka harus sadar akan berkas persyaratan seorang  caleg dan juga parpol tidak menutup mata karena mereka adalah sosok public figure.

Apabila memang artis tersebut untuk Pemilu 2014 ini belum siap, maka masih ada Pemilu 2019. Sehingga seluruh persyaratan administrasi dapat dipersiapkan dan juga mental untuk mengayomi masyarakat sudah ada. Karena jika masih ada kasus seperti ini, bukan tidak mungkin mereka tidak dapat menjalankan amanah yang ada. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)