Pasukan Nigeria di Mali

Pasukan Nigeria di Mali

Bamako – Telah terjadi dua buah serangan bom bunuh diri secara terpisah dalam dua lokasi yang berbeda di Mali. Serangan bom bunuh diri tersebut menyerang daerah Menaka dan Gossi. Setidaknya, dalam peristiwa tersebut terdapat lima korban jiwa yakni pelaku bom bunuh diri serta satu tentara Mali menderita luka yang tidak parah. Hal ini seperti dikutip dari Reuters, Jumat (10/5/2013).

Serangan tersebut terjadi pada pukul 4-5 dinihari, Jumat waktu setempat. “Serangan pertama kelihatannya bertujuan untuk menyerang pasukan Nigeria yang berada di daerah Menaka. Sebuah bom mobil meluncur masuk dalam kamp militer. Beruntung, para tentara mampu menghancurkan kendaraan tersebut,” ujar Letnan Kolonel Souleymane.

“Dalam waktu yang bersamaan, di daerah Gossi juga terjadi serangan serupa yang dilakuakn oleh tiga orang pelaku. Melihat hal tersebut, para tentara yang bersiaga berhasil melumpuhkan ketiganya dengan tembakan. Tiga pelaku meninggal dunia,” tambahnya.

Sementara itu, Perancis yang telah mengirimkan pasukannya guna melawan pemberontak Al Qaeda dari wilayah Mali, saat ini diberitakan telah bersiap untuk melakukan penarikan terhadap ribuan pasukan mereka tersebut dan menyerahkan urusan keamanan di Mali pada pasukan keamanan PBB. (Choirul Anam – www.harianindo.com)