Seismograf

Seismograf

Tokyo – Gempa kembali melanda Jepang. Kali ini pusat gempa yang berskala 6,1 Skala Richter (SR) ini berada di pesisir utara Jepang. Namun hingga saat ini belum ada yang melaporkan berapa korban jiwa dan kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut.

Jepang memang dikenal sebagai Negara dengan skala gempa yang cukup besar. Sehingga beberapa bangunan yang ada disana sudah dibuat dengan kontruksi yang dapat meminimalisir terhadap guncangan.

Seperti yang dilansir dalam AFP, Sabtu (18/5/2013), Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) mengungkapkan bahwa gempa yang melanda Negeri Sakura tersebut terjadi hari ini sekitar pukul 2.48 waktu Jepang dengan lokasinya berada di 50 kilometer dari kota Namie.

Dimana gempa yang terjadi tersebut berada dekat dengan lokasi gempa pada Maret 2011 lalu tepatnya disekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi. Namun Operator Fukushima, Tokyo Electric Power Co (TEPCO) telah memastikan bahwa adanya gempa ini tidak berpengaruh terhadap PLTN Fukushima.

Karena sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan mengenai kerusakan di PLTN tersebut. Bahkan dari pihak meteorologi Jepang sendiri memperkirakan bahwa gempa yang terjadi hari ini, Sabtu (18/5) hanya berkisar 5,9 SR di kedalaman 50 kilometer. Sedangkan pusat bahaya tsunami sampai saat ini belum memberitahukan adanya tsunami sejak gempa tersebut terjadi. (Choirul Anam – www.harianindo.com)