Choe Mendarat di Beijing

Choe Mendarat di Beijing

Pyongyang ā€“ Kunjungan Choe Ryong-Hae seorang pejabat tingginya yang diutus Kim Jong-Un selaku pemimpin Korea Utara ke Beijing disambut hangat oleh para pejabat China. Dalam kunjungannya kali ini, Choe juga didampingi Liu Hongcai selaku Duta Besar China. Choe merupakan sosok dari Partai Pekerja Korut yang memiliki kedudukan untuk mengawasi tataran militer yang ada di Korut.

Seperti yang dilansir dalam Associated Press, Rabu (22/5/2013), ini adalah kali pertamanya di tahun ini seorang pejabat tinggi Korut datang ke China. Bahkan beberapa waktu lalu sempat terjadi kericuhan akibat adanya rumor penangkapan nelayan China yang ditangkap oleh Korut.

Bahkan pada februari lalu, Korut melakukan uji coba atas nuklirnya ke China. Dengan kondisi inilah ketegangan kedua Negara ini semakin meningkat. Bahkan sebagai mitranya sendiri, China mendukung sanksi PBB atas sikap yang dilancarkan oleh Korut tersebut.

Kunjungan Choe di Beijing kali ini diperkirakan ingin meminta bantuan ekomoni kepada China dan juga menjelaskan aksi uji coba misil jarak pendek yang mengenai China. Namun sampai saat ini belum ada pihak yang mau menjelaskan secara pasti maksud kedatangan dari Choe ke Beijing. Korut tetap membutuhkan China karena mereka adalah mitra yang terbesar yang dapat digandeng oleh Korut. Namun dengan adanya misil jarak pendek tersebut, bagaimana kelanjutan kerjasama Korut dan China selanjutnya? (Rini Masriyah – www.harianindo.com)