Daerah perbatasan Korea Utara

Daerah perbatasan Korea Utara

Seoul – Korea Utara dan Korea Selatan dijadwalkan akan menjalani sebuah perundingan yang akan dilakukan di sebuah daerah dekat perbatasan antara kedua negara tersebut. Pembicaraan antara kedua pihak ini merupakan pembicaraan untuk yang pertama kalinya sejak memanasnya hubungan diplomatik antara kedua negara semenanjung Korea tersebut selama dua tahun terakhir ini. Hal ini seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Sabtu (8/6/2013).

Kondisi hubungan dari kedua negara semenanjung Korea tersebut saat ini memang sedang mereda. Padahal, beberapa waktu yang lalu hubungan antara keduanya sempat mengalami ketegangan setelah pihak PBB menjatuhkan sanksi terhadap Korea Utara karena uji coba nuklir yang mereka lakukan untuk yang ketiga kalinya pada bulan Februari lalu.

Selain pembicaraan kali ini, tanda dari redanya perselisihan kedua belah pihak tersebut adalah dengan dibukanya kembali jalur perbatasan oleh pihak Korea Utara pada hari Jumat, 7 Juni lalu waktu setempat. Pembicaraan antara kedua negara ini sendiri rencananya akan dilangsungkan pada hari Minggu, 9 Juni besok dan memiliki agenda untuk mempersiapkan pembicaraan level pejabat tinggi dari kedua negara pekan depan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)