Nissan dan Renault Jalin Kerjasama Produksi Mesin

12/07/2013
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Logo Nissan

Logo Nissan

New Delhi – Kerjasama antara pabrikan mobil biasa terjadi, hal ini tidak lain agar ongkos produksi mobil tidak terlampau tinggi. Pabrikan mobil Nissan dan Renault juga mengambil langkah ini. Bahkan untuk pasar otomotif yang ada di India, kedua pabrikan mobil ini memiliki rencana untuk memproduksi mesin.

Seperti yang dilansir dari Motorbeam, Jumat (12/7/2013), bahwa Nissan akan menggunakan mesin lokal yang nantinya akan digunakan pada seri Datsun berikutnya, sedangkan Renault berencana menggunakan mesin tersebut yang diperuntukkan untuk mobil kecilnya yang nantinya akan dipasarkan untuk negara-negara berkembang.

Memang untuk saat ini, Nissan setidaknya telah memiliki sekitar 85 hingga 88 persen suku cadang kendaraan yang semuanya berasal dari vendor lokal. Namun untuk mencapai angka 100 persen maka kedua pabrikan tersebut sedang mengembangkan mesinnya di Jepang dan juga Prancis.

Sedangkan untuk India, Nissan berencana akan segera meluncurkan Datsun. Nantinya akan dibandrol dengan harga berkisar antara US$ 3.000. Dengan harga yang sangat murah tersebut maka tidak mungkin jika mesin diproduksi diluar Negara tersebut. Dengan demikian maka Nissan berupaya agar local konten yang dimiliki harus tinggi.

Pada tanggal 15 Juli nanti, Nissan akan mulai memperkenalkan Datsun di pasar otomotif India dan mulai akan dijual sekitar awal tahun depan. Demikian juga dengan beberapa Negara berkembang seperti Indonesia, Rusia dan Afrika Selatan juga akan menjadi target utama dari pemasaran Datsun. Sedangkan pabrikan mobil Renault baru akan mempertimbangkan line up mobil murahnya sekitar tahun 2015 dan akan dijual dengan harga berkisar antara Rs 2 lakh hingga Rs 4 lakh. (Choirul Anam – www.harianindo.com)

advertisement

Photo Gallery