Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Bisa Dilihat Secara Online



17/07/2013

Ilustrasi Pemilu 2014

Ilustrasi Pemilu 2014

Jakarta – Sebuah kabar baik bagi masyarakat Indonesia tentang pengecekan DPS (Daftar Pemilih Sementara) yang sudah bisa dilihat secara online, KPU (Komisi Pemilihan Umum) telah merilis DPS (Daftar Pemilih Sementara) secara online pada situs www.kpu.go.id yang merupakan situs resmi KPU.

Dengan adanya DPS yang sudah bisa dilihat secara online, maka masyarakat Indonesia bisa mengecek apakah namanya sudah terdaftar atau tidak untuk pemilu 2014 nanti.

Menurut Husni Kamil Manik selaku Ketua Pemilihan Umum saat ditemui wartawan HarianIndo pada Selasa (16/7/2013), mengungkapkan bahwa “Masyarakat bisa mengunjungi www.kpu.go.id lalu buka pada menu DPS pemilu 2014 dibagian kanan, kemudian untuk melakukan pengecekan silahkan masukkan nama atau NIK yang sesuai dengan KTP, maka akan muncul data seperti nama dan alamat serta lokasi pemungutan suara (TPS) untuk pemilu 2014.”

Saat ini data yang sudah direkam di server KPU ada sebanyak 104 juta, dalam pengecekan data jika tidak ada dalam DPS, maka bisa jadi memang belum terdaftar sebagai pemilih atau bisa juga belum di masukkan dalam server, karena saat ini entry data masih terus dilakukan, tambah Husni.

Sekarang ini ada beberapa wilayah yang berlum masuk dalam rekap KPU pusat, yakni untuk daerah Sumatera Selatan, Maluku Utara dan Papua. Sampai saat ini data yang sudah terekap dalam skala nasional masih 177 juta.

Bagi masyarakat yang belum masuk dalam daftar pemilih disarankan segera melapor kepada petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) di daerahnya masing-masing, tegas Husni. (Rini Masriyah – HarianIndo.Com)



Photo Gallery