Nokia Siapkan Tablet Yang Menggunakan Chipset Snapdragon 800

Nokia

Helsinki – Kabar yang beredar menyebutkan bahwa saat ini Nokia telah siap untuk terjun memproduksi tablet berbasis Windows. Bahkan sebuah situs benchmark juga telah mengabarkan bahwa nantinya tablet milik Nokia akan menggunakan chipset Qulacomm ARM.

Seperti yang dilansir dari WMPoweruser, Rabu (31/7/2013), dari sebuah situs Gfxbench.com mengungkapkan bahwa handset dengan kode RX-114 ini nantinya akan menggunakan kartu grafis Adreno 330 dengan menggunakan OS Windows dan dibekali dengan prosesor Qualcomm ARM.

Dimana kombinasi ini telah menunjuk pada penggunaan chipset Snapdragon 800. Bahkan sumber tersebut juga mengungkapkan bahwa nantinya produk terbaru dari Nokia tersebut memiliki ukuran layar sekitar 1371×1771. Dengan ukuran ini tentunya mendekati tablet Microsoft Surface yang memiliki ukuran 1366×768.

Memang sebelumnya Nokia kabarnya lebih memilih menggunakan sistem operasi Windows RT untuk tablet produksinya. Walaupun perusahaan asal Finlandia ini juga telah mempertimbangkan untuk menggunakan chipset Nvidia tegra 3 1.3 Ghz, dengan RAM 2 GB.

Namun sayangnya pihak pengembang Tegra 3 sendiri harus terhenti, sehingga Nokia pada akhirnya memilih antara chipset Tegra 4 dan Snapdragon 800. Bahkan dari blog milik Nokia, My Nokia Blog, juga sempat mengungkapkan bahwa pihaknya kini sedang menyiapkan tablet dengan ukuran 10.5 inci dan 8.5 inci. Rencananya tablet tersebut akan hadir dengan berbagai warna seperti hijau, hitam, pink, biru, hijau, kuning, dan putih. (Choirul Anam – www.harianindo.com)