Dahlan Iskan Telah Disetujui Untuk Membuka Kembali Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi

21/10/2013
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Dahlan Iskan Telah Disetujui Untuk Membuka Kembali Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi

Dahlan Iskan

Sukabumi – Menteri BUMN Dahlan Iskan sudah merencakan akan membuka kembali jalur kereta api Bogor-Sukabumi, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga telah memberikan ijin proyek yang akan dijalankan itu. Bahkan untuk proyek tersebut SBY ingin agar Dahlan Iskan segera mewujudkan proyek itu.

Saat berada di Sekolah Pembentukan Perwira (SETUKPA) Sukabumi, Jabar, Senin (21/10/2013) Pak SBY mengatakan, “Saya sudah menduga kalau warga Sukabumi menanti tanggapan dari saya, mengenai proyek ini. Saya sepenuhnya akan mendukung apa yang akan direncanakan oleh Pak Dahlan Iskan, yang paling penting segera terlaksana dan kita akan sesuaikan dengan anggaran perhubungan”.

Pak SBY juga memberikan perintah kepada Menteri Pekerjaan Umum untuk melihat lebih jelas lokasi kereta api Bogor-Sukabumi itu. Serta secara detail melihat titik-titik yang dianggap rawan longsong di jalur kereta.

“Saya sudah perintahkan agar Menteri Pekerjaan Umum benar-benar melihat titik yang rawan longsor, sebab jangan sampai terjadi longsor yang akhirnya bisa memperlambat jalur tersebut lebih lama,” ujharnya.

Rencana Dahlan Iskan ini sungguh mendapatkan respon yang positif dari Presiden SBY, bahkan beliau berterima kasih karena Pak Dahlan mempunyai gagasan yang sangt cemerlang untuk membangun proyek rute kereta api Bogor-Sukabumi-Cianjur. Presiden SBY akan menunggu proyek itu selesai dalam kurun waktu 2 bulan seperti apa yang telah dijanjikan oleh Dahlan ISkan.

Jalur kereta api ini memang telah mendapat persetujuan dari Pak Presiden, ini karena jika jalur ini telah ada maka jalur transportasi yang padat merayap hingga berjam-jam akan bisa ditempuh dengan waktu yang lumayan singkat yaitu hanya 1-1,5 jam jika menggunakan kereta api. Dan ini merupakan jalur alternatif antara Bogor-Sukabumi.

Dulu pada tahun 2008 Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan Wendy Aritenang juga sempat berencana untuk kembali mengaktifkan jalur kereta api Bogor-Sukabumi namun belum terlaksana hingga saat ini.

Hasil tinjauan yang pernah dilakukan Dirjen Perhubungan, memang proyek mengaktifkan kembali jalur kereta api tersebut sudah berjalan sekitar 90 persen. Jika jalur kereta api Bogor-Sukabumi telah dibuka kembali maka selanjutnya giliran jalur kereta api Sukabumi-Cianjur dan juga Cianjur-Bandung yang akan diaktifkan kembali. Tita Yanuantari – www.HarianIndo.Com)

advertisement

1 Comment for “Dahlan Iskan Telah Disetujui Untuk Membuka Kembali Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi”

  1. Anonymous

    Proyek membuka jalur KA Bogor-Sukabumi Dahlan Iskan jd mendpt dukungan dari SBY.

Comments are closed

advertisement

Photo Gallery

Tweet
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better
Follow Me