2015, Jeep Cherokee Mulai Diproduksi di ChinaBeijing – China adalah Negara yang memiliki pasar otomotif terbesar yang ada di dunia. Sehingga tidak mengherankan apabila semua pabrikan mobil dunia saling bersaing untuk dapat melakukan investasi dan juga membangun pabrik di Negeri Gingseng ini.

Seperti dilansir CarNewsChina, Kamis (31/10/2013), nampaknya Jeep berencana untuk memproduksi Cherokee yang ada di China. Nantinya pada tahun 2015 perakitannya baru akan dimulai. Untuk diketahui bahwa Jeep Cherokee buatan China ini nantinya adalah hasil kerjasama dari Guangzhou-Fiat.

Memang sebelumnya Guangzhou-Fiat ini telah memproduksi Fiat Viaggio. Dimana sebelumnya Jeep Cherokee ini statusnya masih impor. Namun seiring dengan berjalannya proses produksi, maka impor ini akan segera dihentikan.

Rencananya sampai dengan awal tahun 2014 nanti, impor ini mulai akan dihentikan. Untuk harganya, Jeep Cherokee impor, dibandrol dengan harga sekitar 350.000 yuan atau berkisar antara US$ 57.000. Sehingga ketika China sudha mulai memproduksinya, maka harganya akan turun sekitar 300.000 yuan atau 49.000 US$.

Cherokee sendiri di China memiliki catatan sejarah yang cukup baik direspon oleh masyarakat China. Seperti pada tahun 1984 sampai tahun 2009, Jeep Cherokee XJ hasil produksi dari Beijing-Jeep mendapat respon positif. Sedangkan untuk Jeep Liberty sampai saat ini belum diketahui apakah akan diproduksi juga di China atau tidak. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)