Benua Afrika Menjadi Saksi Peristiwa Gerhana Matahari TotalLibreville – Dengan datangnya gerhana matahari total menyebabkan warga Afrika menjadi heboh. Bahkan dengan semangat warga berbondong-bondong untuk menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi tersebut.

Kabarnya gerhana matahari total ini hampir seluruhnya akan menutupi Benua Afrika.Sedangkan untuk warga yang tinggal di Benua Eropa dan Amerika mereka hanya dapat menyaksikan gerhana matahari ini hanya sebagian saja.

Seperti yang dilansir dari AFP, Senin (4/10/2013), dari penuturan seorang warga Gabon yang bernama Clarence Diledou, terungkap bahwa ia melihat sebuah lingkaran hitam yang secara perlahan menutup matahari. Ia sangat takjub menyaksikannya.

Walaupun menyambut dengan senang peristiwa alam tersebut, namun Diledou mengaku sekiti kecewa karena gerhana matahari tersebut sempat diganggu dengan cuaca buruk. Dimana terlihat awan hitam menutupi langit, sehingga menyebabkan warga tidak dapat menyaksikan secara jelas gerhana matahari tersebut.

Tidak hanya Gabon saja yang menyaksikan peristiwa gerhana matahari tersebut, karena warga yang ada di Kenya, Kongo, Uganda serta yang ada di Ethipia juga dapat menyaksikannya. Bahkan para warga menggunakan mangkuk yang berisi air ataupun kacamata hitam untuk dapat menyaksikan gerhana matahari secara langsung. Karena jika menggunakan mata telanjang diperkirakan akan mengganggu kesehatan. (Choirul Anam – www.harianindo.com)