Reaktor Nuklir Iran

Reaktor Nuklir Iran

Teheran – Tidak dipungkiri bahwa untuk saat ini kesepakaan nuklir Iran memang belum tercapai. Dimana pernyataan ini telah disampaikan oleh Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Namun nampaknya besar kemungkinan persetujuan ini akan disepaki dalam pertemuan yang akan berlangsung di Jenewa, Swiss yang akan dijadwalkan pada minggu depan. Memang ini adalah pertemuan lanjutan setelah sebelumnya tidak terjadi kesepakatan .

Seperti yang dilansir dari Al-Jazeera, Sabtu (16/11/2013), seorang pejabat AS yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan bahwa ia memang belum mengetahui apakah akan ada perjanjian persetujuan, namun yang pasti adalah akan ada sebuah negosiasi yang berjalan cukup alot.

Walaupun demikian, diungkapkan oleh pejabat tersebut bahwa nantinya sebelum pertemuan Jenwa tersebut akan ada pertemuan pendahuluan diantara Menteri Luar Negeri Iran, Muhammad Javad Zarif dengan Perwakilan Tinggi Uni Eropa, yaitu Catherine Ashton.

Walaupun demikian di kesempatan berbeda, piha PBB menyatalan bahwa Iran saat ini nampaknya sedang memperlambat proses pengayaan nuklit yang berlangsung di negaranya. Dengan demikian, aksi Iran ini menunjukkan bentuk komitmen atas akan diselenggarakannya kembali perundingan nuklir. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)