Windows 7 Berhasil Memimpin PasarCalifornia – Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Net Applications, terungkap mengenai sistem operasi (OS) terbaru yang sedang tren untuk saat ini. Dimana dari banyak OS yang ada, ternyata Windows 7 saat ini masih memimpin pasaran dengan perolehan 47,79 persen.

Sedangkan untuk di posisi yang kedua ditempati oleh Windows XP dengan perolehan pasar sebesar 29,23 persen. Kemudian di urutan selanjutnya diduduki oleh Windows 8 dan 8.1 sebagai OS terbaru dari Microsoft dengan perolehan 6,63 persen dan 3,95 persen.

Seperti yang dikutip dari Softpedia, Senin (3/2/2014), tidak dipungkiri memang keberadaan Windows Vista menjadi pelengkap kekuasaan Microsoft di pasar OS, dengan perolehan pangsa pasar sebesar 3,30 persen. Hal ini dikarenakan banyak dari pengguna Vista yang memilih untuk berpindah ke OS Windows baru.

Tidak dipungkiri memang dengan perolehan dari Windows Vista, saat ini Microsoft berhasil menduduki pasar OS dalam posisi lima besar. Sedangkan OS yang dimiliki oleh vendor lain seperti Max OS X 1.9 berhasil memperoleh pangsa pasar sebesar 3,2 persen, diikuti Linux dibelakangnya sebesar 1,6 persen dan OS yang lainnya sebesar 4,59 persen. (Choirul Anam – www.harianindo.com)