Toyota Resmi Mulai Pembangunan Pabrik Kedua di IndonesiaKarawang – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku pemegang hak produksi dan pemasaran produk Toyota di tanah air telah resmi memancangkan tiang pertama (ground breaking – red) pembangunan pabrik keduanya di Karawang, Jawa Barat hari ini, (Selasa, 25/2/2014). Pabrik ini akan dikhususkan untuk pembangunan mesin mobil Toyota baik yang akan dipasarkan di dalam maupun luar negeri.

Pabik yang diberi nama Kaeawang Engine Estate ini adalah buah dari investasi Toyota senilai Rp 2,3 triliun. Diperkirakan pabrik ini akan menyerap lebih dari 600 tenaga kerja pada tahap awal berdirinya.

Masahiro Nonami selaku Presdir dari TMMIN menyampaikan jika pembangunan pabrik kedua ini adalah wujud nyata dari komitmen Toyota untuk terus memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan cara peningkatan aktivitas produksi. Dari segi bisnis, hal ini dilakukan untuk terus mendukung industri automotif yang terus berkembang di Indonesia.

Pabrik ini diketahui akan menggunakan komponen lokal dalam jumlah besar yaitu 60 hingga 80 persen untuk mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia yang tengah menggiatkan pemberdayaan produk lokal. (Choirul Anam – www.harianindo.com)