John Kerry Akan Berkunjung ke Ukraina

John Kerry (AFP)

Jakarta – Rencananya pada Selasa (4/3) Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan mengunjungi Ukraina. Kunjungannya kali ini tidak lain bertujuan untuk member dukungan kepada pemerintahan yang baru. Namun sepertinya kedatangan dari pejabat AS ini bertujuan untuk mencegah pasukan dari Rusia menguasai wilayah Crimea.

Seperti yang dikutip dari AFP, Senin (3/3/2014), dari keterangan juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, nantinya Menlu Kerry ada di Kiev bertemu dengan perwakilan senior dari pemerintahan baru, pemimpin Rada serta beberapa anggota masyarakat sipil.

Bahkan dinyatakan bahwa Kerry akan memberikan dukungan atas integritas territorial dari wilayah Ukraina. Psaki juga menambahkan bahwa rakyat Ukraina dapat menentukan masa depannya sendiri tanpa adanya campur tangan dari pihak luar.

Dimana dalam konferensi pers, seorang pejabat senior AS sudah berulang kali mengungkapkan bahwa pihak Moskow sudah mempertaruhkan kejatuhannya dengan mengirimkan pasukan ke wilayah Crime Selatan.

Bahkan pembicaraan ekonomi yang didalamnya ada beberapa delegasi Rusia terkait masalah energy juga ikut dibatalkan, selain itu acara militer yang sudah direncanakan juga batal dilakukan. Pejabat senior AS tersebut juga menyatakan bahwa sepertinya AS akan membatasi aktifitasnya dengan pihak Rusia.

Untuk saat ini saja kabarnya pasukan Rusia sedang berada di pengendalian operasional lengkap tepatnya di Semenanjung Crimea. Oleh karena itu Victoria Nuland, seorang Diplomat Terbaik Eropa pada Senin ini akan melakukan sebuah pembicaraan dengan pihak Organisasi Keamanan dan Kerjasama yang ada di Eropa.

Diharapkan dari pembicaraan tersebut akan didapatkan hasil atas pemantauan ke beberapa daerah yang memiliki potensi untuk bergejolak. (Choirul Anam – www.harianindo.com)