Pencarian Pesawat MH370 Berlanjut, Foto Satelit Dirilis

AMSA

Kuala Lumpur – Pencarian pesawat Malaysia Airlines di wilayah Samudera Hindia masih berlanjut. Dan seperti dilansir dari BBC (Jumat, 21/3/2014), lagi-lagi sebuah foto satelit yang menunjukkan adanya objek yang diduga berhubungan dengan pesawat MH370 telah dirilis pada Kamis kemarin (20/3). Objek tersebut terlihat mengambang di sekitar Samudera Hindia.

Dikabarkan empat pesawat militer diterbangkan untuk membantu pencarian pesawat MH370, yang di antaranya terdapat dua pesawat Orions, milik Royal Australian Air Force. Australian Maritime Safety Authority (Amsa)p mengumumkan bahwa pesawat-pesawat tersebut akan bergabung bersama beberapa kapal komersial untuk menyisir wilayah seluas 23.000 km, yang terletak 2500 km barat daya Perth. Sebanyak enam kapal komersial akan dilibatkan dalam pencarian ini. Dua pesawat lainnya adalah milik Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Pencarian oleh empat pesawat dan enam kapal pada Kamis kemarin tersebut belum mendapatkan hasil. Kapten dari pesawat Australia, AP-3C Orion, mengatakan bahwa cuaca sangat buruk, dengan ombak besar dan angin kencang.

Kembali berbicara tentang foto satelit tadi, Menteri Perhubungan Malaysia, Hishammuddin Hussein, mengatakan bahwa foto yang diambil pada 16 Maret 2014 tersebut bisa dipercaya. Dalam foto yang diambil oleh pihak Australia tersebut, terdapat objek yang diperkirakan berukuran 24 m.

Tim penyidik telah menetapkan dua koridor pencarian, satu di wilayah darat wilayah China, India, dan sekitaranya, sementara satu lagi di sekitar Samudera Hindia. Pencarian di dua koridor tersebut melibatkan 18 kapal, 29 pesawat, dan enam helikopter yang diterbangkan dari atas kapal. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)