Mozilla Uji Firefox 29California – Mozilla, bersama Firefox-nya telah menjadi salah satu browser internet yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Baru-baru ini, mereka telah merilis veris beta (percobaan) dari Firefox 29. Perubahan/update demi update dari Firefox biasanya hanya berkonsentrasi pada pembenahan bug, beberapa fitur baru, dan peningkatan performa, tanpa memperhatikan segi penampilan. Kali ini, Firefox 29 akan keluar dari stereotip tersebut.

Seperti dilansir dari Digital Trends (Jumat, 21/3/2014), tampaknya, perubahan paling besar pada Firefox 29 adalah penambahan Firefox Sync, sebuah fitur dimana dengan masuk/login menggunakan akun anda, Firefox akan memberikan akses untuk mengatur sinkronisasi dari history, bookmark, data log-in, dan lainnya dari setiap semua device anda yang memiliki Firefox 29. Maksudnya adalah, jika PC, lalu laptop, dan smartphone anda memiliki Firefox 29, maka data-data history, bookmark, log-in, dll yang didapat dari salah satu platform dapat digunakan di semua alat tersebut. Yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membuat akun Firefox Sync.

Telah disebutkan sebelumnya, Firefox 29 akan memperlihatkan perubahan penampilan. Penampilan icon-icon telah diubah sedemikain rupa menjadi lebih aru dan segar. Ikon orange di kiri atas layar berubah menjadi sebuah tombol berbentuk mirip Google Chrome di kanan atas. Perlu penyesuaian untuk memahaminya. Dari segi visual, yang paling menarik dibahas adalah bagaimana Firefox 29 menampilkan beberapa tabs sekaligus. Setiap tab memang memiliki garis pembatas, namun kali ini kurang jelas, sehingga sering terjadi salah klik tab. Dari segi penampilan mungkin bagus, namun sedikit susauh digunakan.

Pun demikian, Firefox 29 masih dalam taraf beta. Masukan dan keluhan dari user tentu akan segera dipertimbangakn oleh pihak Mozilla, sehingga ketika versi full nya rilis, dapat menjawab harapan semua pengguna browser ini. (Rani Soraya – www.harianindo.com)