Satelit Berhasil Identifikasi 122 Objek yang Diduga Bagian dari Pesawat MH370Kuala Lumpur – Perkembangan terbaru dari proses pencarian pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbanagn MH370 mengatakan bahwa satelit berhasil mengidentifikasi kurang lebih 122 objek yang diduga merupakan bagian dari pesawat nahas tersebut. Seperti dilansir dari BBC (Rabu, 26/3/2014), perkembangan terbaru ini disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Malaysia, Hishammuddin Hussein.

Hussein mengatakan bahwa gambar satelit terbaru, berupa objek berukuran 23 meter, diambil pada Minggu 23 Maret lalu. Terdapat juga gambar-gambar lain yang diambil oleh pesawat Airbus milik Perancis, berupa objek yang terlihat terang, yang diduga merupakan bagian besar dari pesawat MH370.

Pesawat milik maskapai Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 itu merupakan pesawat berjenis Boeing 777-200ER. Pesawat tersebut sejatinya lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada Sabtu 8 Maret yang lalu. Namun setelah terbang kurang lebih selama satu jam, menara pengawas penerbangan kehilangan kontak dengan pesawat tersebut. Laporan terbaru yang disampaikan oleh perdana menteri Malaysia, Najib Razak, mengatakan bahwa pesawat yang membawa 239 pnumpang tersebut jatuh di Samudera Hindia. Sangat berlawanan arah dengan rute aslinya menuju Beijing.

Sampai saat ini usaha pencarian dari tim yang berasal dari enam negara masih dilakukan. Pencarian yang dipusatkan di wilayah selatan Samudera Hindia tersebut seringkali terhalang oleh kondisi cuaca yang buruk. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)