BMW Mulai Produksi Motor Listrik Maxi-ScooterBerlin – Setelah sebelumnya resmi mengumumkan akan meluncurkan motor listrik C Evolution, BMW kini diberitakan telah resmi memulai produksi motor listrik Maxi-Scooternya ini. Seperti dilansir dari Motorcycle (Minggu, 6/4/2014), motor listrik ini telah mulai diproduksi secara massal di pabrik perakitan milik BMW di Berlin, Jerman.

BMW C Evolution merupakan kendaraan dari proses penelitian dan pengembangan yang panjang. Skutik ini akan menggunakan modul baterai lithium-ion semacam yang terdapat di mobil listrik milik BMW, seri i3. Nantinya Skutik ini akan menggunakan tiga macam modul baterai berkapasitas 12 sel. Modul baterai ini akan ditempatkan dalam sebuah aluminium cast yang sekaligus menjadi komponen utama sasis.

Marc Spielemann selaku Plant Manager mengungkapkan jika pihaknya membutuhkan beberapa bulan untuk menyiapkan jalur produksi C Evolution karena ingin agar skutik ini memilik sesuatu yang unik. Sebagian dari proses produksi telah terintegrasi guna meningkatkan efisiensi.

BMW C Evolution akan didukung mesin Liquid-cooled dengan daya yang bisa mencapai 15 tenaga kuda dan maksimal 47 tenaga kuda. Torsi maksimal mencapai 53 lb-ft dengan kemampuan akselerasi dari o km/jam hingga 100 km/jam dalam 6,2 detik saja. Jika dibandingkan dengan motor konvensional, ini setara dengan kekuatan skuter berkapasitas 600 cc. Untuk harga per unitnya, BMW akan segera merilis dalam waktu dekat. (Choirul Anam – www.harianindo.com)