Spesifikasi 2015 Corvette Z06 ConvertibleNew York – Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Chevrolet, telah memperlihatkan beberapa foto dan spesifikasi dari model terbaru Corvette Z06 Convertible untuk 2015. Seperti dilansir dari CNET (Jumat, 11/4/2014), perkenalan itu mereka lakukan sebelum secara resmi mempresentasikannya pada ajang New York Auto Show yang akan diadakan minggu depan.

Corvette Z06 Convertible merupakan sebuah versi high-performance dari Corvette Singray, yang memiliki fitur atap soft-top yang konvertibel. Dan tidak seperti model konvertibel kebanyakan, terdapat sedikit perubahan struktur dalam mekanisme perubahan atap pada Z06. Pihak Chevrolet menegaskan bahwa struktur rangka aluminium dari Z06 telah sedemikian kuat sehingga tidak diperlukan lagi adanya penahan tambahan untuk mempertahankan kekuatannya setelah atapnya terlepas. Berat keseluruhan dari Z06 Convertible ini kurang lebih sama dengan Z06 Coupe. Adapun atap Z06 terbaru ini bisa dibuka dalam keadaan berjalan hingga kurang lebih 50 km/jam.

Perkenalan Corvette Z06 Convertible tersebut juga meliputi detail tentang proses desain dari struktur Z06. Chief engineer Chevrolet, Tadge Juechter, mengatakan bahwa teknologi yang digunakan dalam frame Z06 terbaru ini belum ditemukan lima tahun lalu.

Seperti halnya Corvette Z06 Coupe yang sempat diperkenalkan pada Detroit Auto Show di awal tahun kemarin, Z06 Convertible akan ditenagai oleh mesin V8, 6,2 liter ber-supercharge yang diharapkan mampu memproduksi sekurangnya 625 tenaga kuda, dan torque sebesar 635.

Satu perubahan besar untuk Z06 Convertible adalah, intake dari pendingan transmisi yangs semula ditempatkan di bagian belakang kini dipindahkan di bagian bawah mobil, karena pada desain baru ini, intake tersebut tidak kompatibel bila ditempatkan di belakang.

Adapun pihak Chevrolet belum memberikan informasi mengenai kapan perilisan mobil ini dan berapa harga yang mereka tawarkan. Kemungkinan besar informasi tersebut akan mereka publikasikan pada New York Auto Show mendatang. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)