Spesifikasi Volkswagen Golf R 400 Concept, Info Lengkap Belum DirilisBeijing – Raksasa otomotif asal Jerman, Volkswagen, baru saja merilis 2015 Volkswagen Golf R. Belum belum lama berselang, pabrikan tersebut memutuskan untuk mengembangkan versi Golf yang lebih kuat.

Seperti dilansir dari Digital Trends (Sabtu, 19/4/2014), produk terbaru dalam seri Golf tersebut akan dinamai dengan Volkswagen Golf R 400 Concept. Ya, mobil tersebut masih berupa mobil konsep, dan ya, 400 disini adalah besaran dari tenaga kuda yang mampu diproduksi mobil tersebut, meski nilai aktualnya hanya sekitar 395 hp. Pun demikian, angka tadi cukup impresif untuk mobil sekelas Golf.

Volkswagen Golf 400 Concept akan diperkenalkan pertama kali pada ajang Beijing Motor Show 2014 yang akan datang. Banyak kalangan mengatakan bahwa jika Golf R 400 Concept ini akan benar-benar diproduksi, maka mobil yang satu ini bakal menjadi ancaman bagi Mercedez-Benz CLA45 AMG. Golf R 400 Concept digadang-gadang mampu menempuh 0-100 kpj hanya dalam 3,6 detik saja, dengan top speed mencapai 280 kpj. Sekali lagi, “wah” untuk mobil dikelas Golf.

Performa yang demikian kuat tersebut berasal dari mesin empat silinder 2,0 liter ber-turbocharge yang biasa dipasangkan pada Golf R, namun versi ini telah dimodifikasi. Tenaga bedar tersebut dikirimkan kepada seluruh empat rodanya, yang berarti mobil ini akan berpenggerak empat roda alias four wheel drive (4WD). Mesin tadi juga akan didukung oleh transmisi dual-clutch dengan enam percepatan.

Dalam gambar yang diperlihatkan VW, terlihat desain Golf R 400 Concept yang lebih agresif sesuai dengan image “powerful”-nya. VW juga mengatakan bahwa untuk mendukung peningkatan performanya, Golf R 400 Concept akan mengalami pengurangan bobot, dengan interior yang telah “dilucuti” dan dibuat bernuansa balap.

Adapun belum banyak informasi yang dirilis oleh VW tentang mobil ini. Informasi lebih lanjut tentu akan diperoleh pada ajang Beijing Motor Show 2014 yang dibuka pada hari ini. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)