Bluefin-21 Menyisir Dua Pertiga Area Dari Misi Pencarian MH370Perth – Hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya masih terus menjadi misteri. Bahkan kini pencariannya pun masih terus dilakukan. Saat ini kabarnya kapal selam mini Bluefin-21 sudah menyelesaikan sekitar dua pertiga area dari pencarian.

Seperti yang dikutip dari AFP, Senin (21/4/2014), pusat koordinasi pencarian MH370, Joint Agency Coordination Centre (JACC) mengungkapkan bahwa pada pagi hari ini, Bluefin-21 AUV (Autonomous Underwater Vehicle) telah berhasil menyelesaikan misinya yang kedelapan menelusuri area bawah laut.

Ditegaskan bahwa Bluefin-21 telah berhasil menyusuri sekitar dua pertiga pencarian dibawah laut, dan belum berhasil menemukan petunjuk penting atas pencarian MH370. Untuk diketahui bahwa kapal selam yang tidak berawak itu memiliki bentuk seperti torpedo ini memiliki misi untuk pencarian dibawah laut.

Dimana area yang saat ini menjadi targetnya adalah berdasarkan lokasi misterius dimana ditemukan sebuah sinyal misterius yang berasal dari bawah laut yang telah ditangkap oleh alat pelacak yang dimiliki oleh pihak militer Amerika Serikat yaitu Towed Pinger Locator (TPL).

JACC juga menjelaskan bahwa area pencarian dibawah laut difokuskan di radius 10 kilometer dari sinyal yang dideteksi oleh Towed Pinger Locator yang ditangkap pada tanggal 8 April 2014. Nantinya tak berselang lama Bluefin-21 akan segera dikerahkan ke lautan untuk menjalankan misinya yang kesembilan.

Tidak hanya Blufin-21 saja yang bekerja mencari keberadaan dari MH370, karena masih ada sekitar 10 pesawat militer dan 11 kapal yang telah dikerahkan dengan focus pencarian di area dengan luas 49.491 kilometer persegi dan memiliki jarak sekitar 1.741 kilometer barat daya dari Perth, Australia.(Rini Masriyah – www.harianindo.com)