Yamaha Akan Mulai Produksi Sepeda Motor Listrik di Tahun 2016Tokyo – Yamaha dikabarkan telah mengkonfirmasi bahwa akan segera meluncurkan versi produksi dari model konsep motor elektrik PES1 dan PED1 di tahun 2016 mendatang, rencana ini merupakan bagian dari usaha Yamaha untuk dapat masuk ke dalam segmen sepeda motor elektrik.

Seperti dilansir dari MotorCycle (Senin, 21/4/2014), PES1 dan PED1 merupakan model konsep sepeda motor listrik yang pertama kali diperkenalkan Yamaha pada gelaran Tokyo Motor Show pada November silam. Nama PES1 merupakan singkatan dari “Passion, Electric, Street”, sementara PED1 merupakan singkatan dari “Passion, Electric, Dirt”.

PES1 lebih ditujukan untuk penyuka jenis motor sport, sedangkan PED1 dikembangkang untuk memasuki segmen penyuka dunia off-road. Selain menggunakan tenaga listrik, kelebihan lain yang ditawarkan dari dua varian sepeda motor listrik Yamaha ini adalah dari aspek memberikan pengalaman baru untuk penggemar Yamaha dan dari segi pengoperasian yang beda dari sebelumnya.

Baik PES1 maupun PED1 akan menggunakan baterai lithium ion dan motor listrik DC, dengan desain frame yang menggunakan monoshock dan system dual transmission yang dapat diubah antara otomatis dan manual. Spesifikasi tersebut memang hanya untuk model konsep, belum ada konfirmasi dari Yamaha seberapa besar perubahan yang akan terjadi pada model produksinya nanti yang baru akan dirilis ke pasaran pada tahun 2016. (Choirul Anam – www.harianindo.com)