Start Menu akan Kembali Dimunculkan di Windows 8.1 dalam Sebuah Paket Update Musim Gugur Tahun IniWashington – Salah seorang “leaker” atau pembocor informasi-informasi terkini tentang teknologi asal Rusia, Wzor, melaporkan informasi “ringan” namun cukup menarik tentang Windows 8.1. Seperti dilansir dari Digital Trends (Selasa, 22/4/2014), Wzor mengatakan bahwa update berikutnya dari Windows 8.1 bakal dinamai Windows 8.2 atau Windows 8.1 Update 2. Namun bukan hal tersebut yang menarik dari pembocoran ini, melainkan kemunculan Start Menu pada update tersebut, yang menurutnya akan dirilis pada musim gugur tahun ini.

Telah diketahui bahwa Microsoft telah menghilangkan tombol Start Menu pada Windows 8 sejak perilisannya di Oktober 2012 lalu. Ternyata menu yang satu ini begitu dirindukan oleh pengguna Windows 8, yang tentu jumlahnya tak sedikit di seluruh dunia. Terkait harapan tersebut, Microsoft memang mengatakan kemungkinan kemunculan kembali fitur tersebut.

Usaha kebangkitan kembali Start Menu sebenarnya sudah terlihat pada Windows 8.1, namun bentuknya masih semacam kerangka dari bentuk awamnya dahulu, yang tetap tidak memuaskan pengguna fanatik Windows.

Start Menu dengan tampilan yang segar khas Windows 8 sempat muncul sejenak dalam ajang Microsoft Build 2014 awal bulan ini. Start Menu tadi ditampilkan dengan tetap menonjolkan tampilan Metro/Modern UI (User Interface), dengan ikon-ikon berbentuk kotak-kotak simpel.

Benar atau tidaknya rumor atau informasi tersebut, tentu belum bisa dijamin. Namun demikian, Microsoft tetap perlu melakukan terobosan untuk mengangkat popularitas dan jumlah penggunaan Windows 8.1 – nya di seluruh dunia, yang sampai bulan lalu bertahan di bawah lima persen. (Rani Soraya – www.harianindo.com)