Pasukan AS di Polandia untuk Latihan Militer

Foto dari AFP

Swidwin – Kontingen pertama pasukan Amerika Serikat telah mendarat di Polandia. Sekitar 150 orang tentara AS tersebut mendarat di Polandia untuk melakukan latihan militer. Agenda tersebut dilakukan di tengah ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Seperti dilansir dari BBC (Rabu, 23/4/2014), 150 orang tentara dari 173rd Airborne Brigade tersebut mendarat di barat laut Polandia, di sebuah kota bernama Swidwin. Mereka diterbangkan dari markasnya di Vicenza, Italia. Dalam beberapa waktu ke depan 450 orang tentara tambahan juga akan didatangkan ke Polandia. Duta besar AS untuk Polandia, Stephen Mull, mengatakan bahwa AS memiliki kewajiban besar dalam lingkup Nato untuk meyakinkan Polandia bahwa keamanan seluruh anggota Nato terjamin.

Pasukan AS tersebut dijadwalkan akan melakukan latihan militer di Polandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia dalam beberapa bulan ke depan. Adapun negara-negara tersebut saat ini memang tengah bersiaga menyusul aksi Rusia yang melakukan penguatan militer di wilayah perbatasannya dengan Ukraina.

Di tempat lain, Inggris Raya, Belanda, dan Denmark sedang meluncurkan pesawat tempurnya setelah dua pesawat militer Rusia diketahui mendekati wilayah udara mereka. Kementerian Pertahanan Inggris Raya mengkonfirmasi bahwa pesawat militer Rusia teridentifikasi mendekati wilayah utara Skotlandia, namun mereka segera meninggalkan wilayah udara tersebut setelah beberapa pesawat tempur diterbangkan untuk melakukan investigasi. Langkah serupa diambil oleh Belanda dan Denmark. Sementara di wilayah laut, sebuah kapal perang milik Royal Navy (Inggris), sedang memantau pergerakan kapal destroyer milik Rusia, saat kapal tersebut melintasi batas laut Inggris.

Krisis Ukraina yang terus berlarut-larut memang kemudian berdampak pada menegangnya situasi di Eropa secara umum. Kondisi tersebut bertambah parah ketika AS mulai turun tangan. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengatakan bahwa keterlibatan AS dalam masalah ini seperti sedang menjalankan sebuah acara. Seperti sedang unjuk gigi, tampil di depan panggung. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)