Tahap Selanjutnya Pencarian Pesawat MH370 Membutuhkan Peralatan BaruCanberra – Pertemuan tiga negara yang terlibat dalam proses pencarian pesawat MH370 dilangsungkan di Canberra. Pertemuan antara Malaysia, China, dan Australia itu akan membahas bagaimana tahap selanjutnya dari operasi pencarian puing pesawat MH370.

Seperti dilansir dari BBC (Senin, 5/5/2014), Australia, yang diwakili oleh Wakil Perdana Menteri-nya, Warren Truss, mengatakan bahwa tentunya tahap berikutnya dari operasi pencarian ini akan membutuhkan peralatan-peralatan baru, berupa sonar baru dan peralatan pencarian bawah laut yang baru pula. Truss mengatakan bahwa alat-alat ini biasanya dimiliki oleh angkatan laut di , namun kemungkinan besar peralatan tersebut akan disediakan oleh pihak swasta.

Muncul usulan bahwa operasi pencarian ini akan ditawarkan kepada operator tunggal, yang nantinya ditugasi untuk memimpin pencarian tahap baru tersebut. Truss merasa yakin bahwa urusan “administrasi” tersebut bisa diselesaikan dalam tempo satu hingga dua bulan ke depan. Namun sementara ini, robot kapal selam Bulefin-21 masih digunakan untuk terus menyisir dasar laut Samudera Hindia. Sebelum ada perintah terbaru, tim pencari di lapangan masih akan terus melakukan usaha penyisiran tersebut.

Koordinator tim pencari pesawat MH370, Angus Houston, telah memperingatkan bahwa tahap selanjutnya dari proses pencarian ini akan dilakukan secara mendetail dan memakan waktu lama. Dia memperkirakan bahwa proses ini akan memakan waktu delapan hingga dua belas bulan tergantung kondisi cuaca. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)