Samsung Galaxy Tab 4 Education Meluncur ke Sekolah di ASNew Jersey – Samsung Galaxy Tab berubah ukuran menjadi lebih besar ketika perusahaan asal Korea Selatan itu meluncurkan Galaxy Tab 4 Education. Seperti dilansir dari Digital Trends (Minggu, 18/5/2014), tablet tersebut memang merupakan versi modifikasi dari Galaxy Tab 4 yang ditujukan untuk konsumen khusus, yakni dunia pendidikan dan sekolah di Amerika Serikat.

Sesuai dengan namanya, Galaxy Tab 4 Education, yang memiliki layar sebesar 10,1-inchi tersebut, ditujukan untuk sekolah-sekolah dan kelas-kelas ‘K12’, yaitu kelas yang menggunakan system pembelajaran dan kurikulum secara online, yang peralatannya dikembangkan oleh perusahaan bernama K12 juga. Tablet ini didesain lebih kuat, lebih mudah digunakan, dan memiliki akses yang luas kepada sumber-sumber pembelajaran.

Tablet yang dibanderol dengan harga $370, atau senilai dengan Rp 4,2 juta, didesain dengan casing tebal khusus dan dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass. Desain ini dianggap mampu menangani kondisi kelas yang bisa saja menjadi riuh dan kacau akibat ulah murid-murid.

Galaxy Tab 4 Education memiliki layar dengan resolusi 1280 x 800, prosesor quad-core 1,2 GHz, ruang penyimpanan sebesar 16GB yang bisa diperbesar hingga 64GB dengan microSD, RAM sebesar 1,5GB, kamera yang menghadap depan dan belakang, serta baterai yang tahan hingga 10 jam. Tablet ini menjalankan Android 4.4 KitKat.

Eksekutif Samsung Amerika, Tod Pike, mengatakan bahwa produk ini merupakan bentuk komitmen Samsung untuk mendukung dunia pendidikan. Perusahaan tersebut juga tampaknya menargetkan pasar sekolah, dengan estimasi penjualan hingga 3,5 juta unit tahun ini. (Rani Soraya – www.harianindo.com)