Spesifikasi dan Harga, Samsung Galaxy S5 LTE-A, Tersedia di Pasar KorselSeoul – Empat bulan setelah peluncuran Galaxy S5 versi original, Samsung akhirnya mengeluarkan update terbaru untuk pasar Korea Selatan. Seperti dilansir dari GSM Arena (Rabu, 18/6/2014), update terbaru itu adalah Galaxy S5 LTE-A, sebuah smartphone yang memiliki koneksi internet lebih cepat, resoluasi layar yang lebih tinggi, dan prosesor yang lebih kuat.

Fitur utama yang diunggulkan dari smartphone tersebut adalah fitur konektivitas LTE Advanced (LTE-A). Koneksi tersebut mampu memberikan kecepatan internet hingga 255Mbps, hampir tiga kali lipat lebih cepat dari LTE standar. Adapun teknologi LTE-A ini sendiri hanya tersedia di sedikit negara di dunia.

Fitur berikutnya yang diunggulkan oleh Galaxy S5 LTE-A adalah layar barunya yang berukuran 5,1-inchi. Layar Super AMOLED tersebut memiliki resolusi 2560 x 1440px. Samsung mengklaim bahwa layar tersebut mampu meng-cover 90% dari gamut warna, memiliki waktu respon 0,01ms, dan rasio contrast 100.000:1.

Fitur terakhir namun juga menentukan adalah dipasangkannya prosesor Snapdragon 805 SoC. Prosesor ini memiliki fitur empat core Krait 450 dan berjalan di 2,5GHz. Terdapat pula GPU Adreno 420 untuk menghandle urusan grafis. Selain itu, kecepatan performa software juga didukung dengan RAM sebesar 3GB.

Fitur lainnya kurang lebih sama dengan Galaxy S5 original, seperti misalnya kamera 16-megapixel di bagian belakang, 2-megapixel di depan, sensor detak jantung, body yang tahan debu dan air, serta baterai 2800mAh. Smartphone ini juga akan menjalankan Android 4.4 KitKat.

Galaxy S5 LTE-A akan dilepas di pasar Korsel dengan harga $919, atau sekitar Rp 10,9 jutaan. Smartphone high-end tersebut akan tersedia dalam pilihan Charcoal Black, Shimmering White, Electric Blue, Copper Golg, Sweet Pink, dan edisi spesiak Glam Red. (Rani Soraya – www.harianindo.com)