KPU Masih Mempertimbangkan Jadwal Terakhir Putaran Debat CapresJakarta – Sepertinya pihak KPU sudah memutuskan pemungutan suara untuk luar negeri akan diselenggarakan lebih cepat sekitar tanggal 4-6 Juli 2014. Padahal pada Sabtu, 5 Juli 2014 pihak KPU masih akan menyelenggarakan sesi terakhir debat capres dan cawapres. Yang menjadi pertanyaan kini adalah apakah debat terkahir tersebut akan diajukan jadwalnya?

Dalam keterangan persnya, Sabtu (28/6/2014), Komisioner KPU Ida Budhiati mengungkapkan bahwa sampai saat ini keputusan tersebut masih belum final. Diakui oleh KPU bahwa mereka sudah menerima usulan yang berasal dari Bawaslu agar segera mempertemukan kedua tim pasangan calon.

Sayangnya sampai saat ini keduanya masih belum tercapai kesepakatannya. Nantinya akan dikomunikasikan lagi dan nantinya akan kami sampaikan apa hasilnya, ungkap Ida. Sebagai informasi bahwa debat capres-cawapres pada putaran terakhir ini sama halnya dengan putaran yang pertama.

Jadwalnya dalam debat capres putaran terakhir temanya berkaitan dengan Pangan, Energi, dan Lingkungan. Pemilihan suara yang ada di luar negeri sendiri sudah berdasarkan Peraturan KPU nomor 20 Tahun 2014 berkaitan dengan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Bagi WNI di Luar Negeri dalam Pilpres 2014.

Saat ini tercatat jumlah pemilih yang ada di luar negeri yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah mencapai 2.038.711 orang dan terbagi dalam 130 TPS di luar negeri. (Rani Soraya – www.harianindo.com)