Helikopter Meksiko Dikabarkan Memasuki Wilayah ASArizona – Wilayah kedaulatan Amerika Serikat kedatangan helikopter militer yang dimiliki oleh Meksiko secara illegal. Bahkan yang mengejutkan adalah helikopter tersebut sudah masuk ke wilayah AS disertai dengan tembakan senjata sebanyak dua kali.

Seperti yang dikutip dari AFP, Sabtu (28/6/2014), dalam sebuah pernyataan yang berasal dari US Customs and Border Protection terungkap bahwa kejadian yang terjadi Kamis (26/6) pagi waktu setempat, bahwa helikopter dari penegak hukum Meksiko tersebut masuk hingga ke wilayah utara Arizona.

Dengan dua tembakan tersebut sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan atas semua properti AS. Sebagai informasi bahwa kejadian tersebut terjadi pada kilometer ke 13 tepatnya di desa San Miguel, di wilayah Tohono O’odham Indian Nation. Berdasarkan otoritas setempat, saat ini kejadian tersebut masih dalam tahapan penyelidikan.

Sepertinya helikopter tersebut sedang bertugas melaksanakan penegakan hukum tepatnya di perbatasan kedua negara. Berdasarkan informasi dari media lokal, disebutkan bahwa helikopter Meksiko itu sedang melaksanakan misi atas pemberantasan narkoba.

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi alas an mengapa helikopter tersebut melepas tembakan di dalam wilayah AS.Ditempat yang terpisah, penyelidik kriminal yang berasal dari kantor Jaksa Agung Meksiko, Tomas Zeron de Lucio memberikan bantahan bahwa helikopter Meksiko tersebut telah melakukan pelanggaran di perbatasan AS.

Lucio juga mengungkapkan bahwa helikopter tersebut melakukan operasi karena memang sudah disepakati dan telah dikoordinasikan dengan pihak patroli perbatasan AS. Sehingga tidak ada wilayah yang dilanggar.

Selain itu Lucio juga memberikan bantahan bahwa helikopter Meksiko melepas tembakan. Hal ini dikarenakan sebenarnya tembakan tersebut ditujukan kepada tersangka narkoba. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)