Prius Generasi Terbaru Ditunda PeluncurannyaTokyo – Rumor tidak mengenakkan datang dari produsen otomotif Toyota. Kabarnya pihak Toyota Motor Corp menunda untuk memproduksi generasi keempat dari Toyota Prius pada musim semi nanti sampai bulan Desember 2015.

Seperti yang dikutip dari Automotive News, Selasa (1/7/2014) memang pada awalnya musim semi ini Toyota akan berencana meluncurkan manufactur dan akan diproduksi pada bulan Desember 2014. Namun sepertinya rencana tersebut gagal.

Dimana alasan penundaan ini karena sepertinya Toyota memiliki keinginan untuk melakukan efisiensi terhadap bahan bakar serta penyesuaian kembali bodi dan juga casisnya. Sayangnya juru bicara Toyota belum memberikan komentar terkait kegagalan peluncuran dari Prius.

Demikian pula dengan managing officer for product planning, Hybrid czar Satoshi Ogiso juga menolak untuk memberikan komentarnya. Hanya saja mereka ingin agar mobil ini nantinya menggunakan teknologi serta dibenakan sebuah sistem hybrid yang baru.

Sedangkan untuk desainnya, Prius baru dari Toyota ini masih akan menggunakan desain stylish dengan platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Dimana platform ini adalah jawaban dari Toyota atas platform MQB VW, yang dijadikan sebagai penerus Innova dan Fortuner.

Mobil ini akan dibenamkan mesin bensin dengan kapasitas 1.8 liter yang dapat menggerakkan roda depan, sedangkan untuk roda belakang menggunakan motor listrik. Yang menariknya lagi adalah kedua jantung mesin ini dapat menggerakkan roda secara bersamaan. Dengan demikian dapat memberikan stabilitas ketika jalanan licin. (Choirul Anam – www.harianindo.com)