Korut Uji Coba Rudal Menjelang Diadakannya Pertemuan Dengan ChinaPyongyang – Pihak Korea Utara (Korut) melepaskan tembakan berupa roket jarak jatuh yang dihempaskan ke wilayah laut lepas. Memang uji coba ini sengaja dilakukan menjelang datangnya Presiden China Xi Jinping ke Seoul, Korea Selatan (Korsel).

Sebagai informasi bahwa dalam sebuah pertemuan yang diadakan antara Presiden Korsel Park Geun-Hye, Presiden Xi diperkirakan akan dibahas rencana uji coba rudal untuk jarak pendek yang dimiliki oleh Korut.

Dimana pada Minggu, 29 Juni 2014 kemarin sudah dilepaskan dua rudal sebagai bahan uji coba. Dengan adanya uji coba rudal yang selama ini dilakukan oleh Korut, dunia internasional memberikan ancaman keras.

Hal ini dikarenakan Negara Komunis itu telah melakukan pelanggaran atas resolusi yang diciptakan oleh PBB terkait uji coba rudal, demikian dikutip dari Reuters, Rabu (2/7/2014). Rencananya pada Kamis 3 Juli 2014 nanti, Presiden Xi akan datang ke Seoul.

Jika kunjungan ini benar terjadi maka ini adalah untuk kali pertamanya ke Korsel setelah menjabat sebagai Presiden China tepatnya pada sekitar satu tahun yang lalu. TIdak dipungkiri memang dengan adanya program nuklir dan rudal Korut menjadi sebuah pertimbangan tersendiri di Asia.

Kabarnya, Korut memiliki rencana akan melakukan uji coba nuklirnya yang keempat yang nantinya akan dibahas didalam pertemuan kedua kepala negara ini. Sedangkan yang mengejutkan adalah rudal yang diluncurkan oleh pihak Korut, sama sekali tidak diketahui oleh pihak Kementerian Pertahanan Korsel.

Namun mereka yakin bahwa roket yang memiliki ukuran 300 mm ini telah diluncurkan dari tempat peluncur roket yang dimiliki oleh pihak Korut. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)