Korea Selatan Akan Resmikan "Jalan Surabaya" di Kota BusanBusan – Kabar mengejutkan datang dari negeri Ginseng Korea Selatan. Kabar terbaru menyebutkan jika dalam waktu dekat, kota Busan akan meresmikan jalan yang diberin nama jalan Surabaya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kim Soo-il selaku Chairman Manager Busan Indonesia Center (BIC) kepada Harian Indo pada hari Kamis (4/7/2014). Hal ini disampaikan Kim usai menyambut rombongan pemkot Surabaya yang dihadiri Wali Kota Tri Rismaharini.

Hubungan kerjasama antara Busan dan Surabaya sudah berusia 20 tahun (sejak 1994). Diharapkan dengan adanya apresiasi dari pemerintah kota Busan seperti ini, hubungan kedua kota akan lebih baik lagi kedepannya.

Sebelumnya di Busan sudah terdapat patung Suro dan Boyo yang melambangkan maskot dari kota Surabaya.

Ifron Hady Susanto selaku Kabag Kerjasama Pemkot mengungkapkan jika kerjasama kedua kota telah saling memberi manfaat bagi kedua pihak. Diantaranya adalah terealisasinya kerjasama di bidang budaya, pendidikan, ekonomi, dan bahkan fashion. Pengiriman delegasi pemerintah kota Busan untuk menghadiri acara cross culture festival yang diadakan rutin tiap Juli di Surabaya juga selalu dilakukan. Sedangkan Surabaya juga mengirimkan perwakilan guru dan murid di acara Asian Youth Forum di Busan pada bulan yang sama. (Choirul Anam – www.harianindo.com)