Jokowi-JK Menang Mudah di JogjaYogyakarta – Pasangn calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla resmi memenangkan peroleh suara di Kota Yogyakarta. Kemenangan Jokowi-JK tersebut tealh ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta, dan bukan lagi sekedar quick count, atau hasil hitung cepat.

Hasil ini tidak jauh berbeda dari hasil perhitungan para saksi sebelumnya. Pasang Jokowi-JK menang di 13 dari total 14 Kecamatan di Jogja. Jokowi-Jk berhasil merengkuh 147.900 suara, memperoleh 60,03 persen, sementara pasangan lawannya Prabowo-Hatta, memperoleh 98.441 suara, atau hanya 39,96 persen saja. Adapun total suara sah yang dihitung adalah sebanyak 246.341 suara. Hasil ini menunjukkan bahwa kubu Jokowi-JK benar-benar menang mudah di Kota Yogyakarta.

Prose rekapitulasi tersebut dilakukan oleh KPU pada hari Rabu 16 Juli 2014 kemarin. Proses tersebut sebelumnya sempat memakan waktu cukup lama karena ada beberapa revisi peroleh suara yang perlu dilakukan. Proses yang dimulai sejak siang hari pukul 13.00 WIB tersebut pun harus dilanjutkan hingga usai buka puasa.

Salah satu yang menjadi persoalan adalah ketika terdapatnya beberapa perbedaan data antara daftar pemilih tambahan dan jumlah pemilih yang menggunakan haknya di salah satu TPS. Karena proses koreksi yang tak segera selesai, Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanot, pun meminta agar kotak suara dibuka ulang untuk dicocokkan dengan data C7.

Terkait proses yang memakan waktu tersebut, Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Yogyakarta, Sudjanarko, mengatakan bahwa kesalahan tersebut dipicu oleh kelalaian petugas panitia pemungutan suara di TPS yang bersangkutan, sehingga akhirnya, hasil perhitungannya pun membingungkan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)