Jelang Mudik 2014 Jalur Pantura Lumpuh Akibat Jembatan Comal Amblas

18/07/2014
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Jelang Mudik 2014 Jalur Pantura Lumpuh Akibat Jembatan Comal Amblas

Kerusakan Pada Plat Baja Penghubung Jembatan (Foto: TEMPO)

Pemalang – Jembatan sungai Comal di jalur Pantura (Pantai Utara) wilayah Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, dikabarkan telah ditutup sejak Jumat (18/7) dinihari tadi akibat kondisi jembatan yang amblas. Kerusakan terjadi pada oprit atau penghubung jalan dan jembatan di sisi bagian barat yang kondisinya makin parah pada Kamis (17/7) malam.

Ajun Komisaris Davis Busin selaku Kasat Lalu Lintas Polres Pemalang mengungkapkan bahwa kedua jalur jembatan Comal, baik dari arah Jakarta ataupun Pekalongan itu mulai ditutup sejak pukul 00.30 WIB. Hal yang menjadi pertimbangan ditutupnya jembatan karena faktor keselamatan pengguna jalan akan terancam jika memaksakan melintasi jembatan, apalagi saat ini mayoritas kendaraan yang lewat adalah kendaraan berat berupa truk.

Menurut data yang dihimpun redaksi Harian Indo (Jumat, 18/7/2014), sejak pertengahan Juni silam sudah diketahui bahwa terjadi kerusakan pada oprit jembatan Comal. Walaupun sudah ditambal dengan aspal, oprit di jalur jembatan tersebut kembali amblas pada awal Juli, bahkan pada Senin lalu terlihat kedalaman amblas mencapai sekitar 20 cm.

Sementara itu dampak dari penutupan jembatan Comal mengakibatkan jalur Pantura lumpuh, kemacetan terlihat mencapai sekitar 9 km dari arah Jakarta. Jalur Selatan juga terlihat makin padat menyusul banyak kendaraan yang mulai mengalihkan rute begitu tahun kondisi jembatan Comal yang ditutup. Hal ini tentunya menjadi tugas genting bagi pihak pemerintah menjelang arus mudik lebaran yang tinggal menghitung hari. (Choirul Anam – www.harianindo.com)

advertisement

Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery