Info Kecelakaan Pesawat MH17: Australia Kirim 190 Polisi Ke Lokasi Puing MH17

27/07/2014
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Info Kecelakaan Pesawat MH17: Australia Kirim 190 Polisi Ke Lokasi Puing MH17Canberra – Australia mulai ikut bertindak dalam kasus jatuhnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17. Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, dikabarkan mengirimkan 190 personil polisi ke lokasi puing MH17 di wilayah Timur Ukraina.

DIlansir dari Sidney Morning Herald (Minggu, 27/7/2014), PM Abbott mengatakan bahwa Australia juga punya kewajiban untuk mengamankan lokasi kejadian. Selain itu, pihaknya juga akan ikut serta dalam upaya penyelidikan dan memberikan keadilan bagi keluarga korban. Sekedar informasi, 38 warga Australia ikut tewas dalam kecelakaan tersebut.

PM Abbott menekankan pula bahwa ini adalah misi kemanusiaan. Siapa saja yang bersedia bisa saja terlibat.

Saat ini, lokasi jatuhnya pesawat MH17 masih berada di dalam kendali kelompok separatis pro-Rusia di Timur Ukraina. Mereka telah membuuat semacam zona aman di sekeliling puing pesawat. Mereka juga membatasi pergerakan tim penyidik di lokasi.

Pesawat MH17 sendiri diduga jatuh karena ditembak rudal. Pihak yang dituduh paling bertanggungjawab adalah kelompok separatis. Selain itu, Rusia jua diduga terlibat yaitu dengan memberikan bantuan senjata kepada kelompok separatis tersebut. Tuduhan ini dikaitkan dengan dugaan bahwa rudal yang digunakan untuk menembak pesawat MH17 adalah rudal Buk, yang notabene merupakan buatan Rusia. Namun demikian, semua isu dan dugaan tersebut belum ada yang terbukti. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement

Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery