Info Kecelakaan Pesawat MH17 Terbaru: Kelompok Separatis Halangi Pemantau Menuju Lokasi MH17



31/07/2014

Info Kecelakaan Pesawat MH17 Terbaru: Kelompok Separatis Halangi Pemantau Menuju Lokasi MH17

Alexander Hug (tengah), anggota tim pemantau dari OSCE, dikawal oleh anggota separatis pro-Rusia di Ukraina untuk menjauhi wilayah jatuhnya MH17.
(sumber foto: Reuters)

Donetsk – Kelompok separatisn pro-Rusia di wilayah Timur Ukraina dikabarkan menghalang-halangi tim pemantau yang hendak menuju ke lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17 pada Rabu kemarin (30/7). Jika sebelumnya tim diperbolehkan masuk meski di bawah pengawasan anggota kelompok bersenjata tersebut, kali ini tim pemantau internasional terpaksa kembali dengan tangan hampa.

Seperti dilansir dari Reuters (Rabu, 30/7/2014), tim dari OSCE (Organization of Security and Co-operation in Europe) harus kembali ke kantor mereka di Kota Donetsk. Mereka dilarang mendekati kawasan di sekitar puing pesawat MH17. Juru Bicara Dewan Keamanan dan Pertahanan Ukraina, Andriy Lyshenko, mengatakan pada Rabu kemarin bahwa kelompok separatis telah memasang jebakan ranjau di sekitar lokasi MH17.

Terkait hal ini, Rabu kemarin Sekretaris Jendral PBB, Ban Ki-moon mengatakan bahwa dirinya sangat marah karena tim penyidik tidak bisa menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. Ban Ki-moon mengatakan bahwa tim penyidik memang harus kembali ke lokasi puing pesawat MH17 karena ada bukti-bukti penting lain yang masih berada di lokasi terseut serta sejumlah jenazah korban juga masih belum ditemukan.

Pesawat MH17 mengangkut 298 orang ketika jatuh di Timur Ukraina. 200 jenazah korban MH17 telah diangkut dan dikirimkan ke Belanda untuk proses identifikasi lebih lanjut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery