Berita Konflik Ukraina Terbaru: Rusia Minta Jaminan Ukraina untuk Pengiriman Bantuan

advertisement:


13/08/2014

Berita Konflik Ukraina Terbaru: Rusia Minta Jaminan Ukraina untuk Pengiriman BantuanSochi – Pemerintah Rusia menyampaikan bahwa Pemerintah Ukraina telah memberikan ijin untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke wilayah-wilayah konflik di Timur Ukraina. Saat ini, dilaporkan 280 truk telah diberangkatkan menuju Ibukota Kiev.

Keterlibatan personil militer Rusia juga terlihat dalam pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut. Rusia mengirimkan bantuan yang terdiri dari sekitar 2.000 ton makanan, obat-obatan, generator listrik, dan tas untuk tidur.

Dilansir dari Interfax (Rabu, 13/8/2014), Menteri Luar Negeri Rusia, Sergeri, Lavrov, mengatakan di Sochi, bahwa pihak Rusia sangat bergantung pada jaminan keamanan yang diberikan oleh Ukraina kepada tim pengirim bantun tadi. Pihak Ukraina diharapkan dapat menjamin pergerakan pengiriman bantuan bagi seluruh konvoi yang bergerak memasuki wilayah-wilayah yang rawan konflik di Ukraina.

Lavrov juga meyakini bahwa tidak akan ada gangguan dari kelompok separatis pro-Rusia. Karena memang mereka sendiri telah faham bahwa bantuan ini sangatlah penting untuk didistribusikan ke seluruh masyarakat yang bermukim di wilayah-wilayah di Ukraina Timur.

PBB memperkirakan bahwa sekitar 118.000 warga Ukraina saat ini tengah menjadi pengungsi akibat konflik berkepanjangan antara pasukan Pemerintah Ukraina dengan kelompok separatis pro-Rusia di Timur Ukraina. Selain itu, sekitar 168.00 warga Ukraina lainnya telah dipindahkan ke Rusia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

Berita mengenai Ukraina lainnya:
Berita MH17 Terbaru: PM Australia Katakan Kecelakaan MH17 Merupakan Kasus Pembunuhan
Info Kecelakaan MH17 Terbaru: Barat Akan Beri Sanksi Rusia

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery