Berita Konflik Gaza Terkini: Hamas Katakan Tidak Akan Ada Perang Lagi

advertisement:


16/08/2014

Berita Konflik Gaza Terkini: Hamas Katakan Tidak Akan Ada Perang LagiKairo – Baru-baru ini, kelompok militan Hamas mengatakan bahwa tidak akan terjadi pertempuran lagi di Gaza. Pernyataan tersebut muncul di antara skeptisme akan datangnya gencatana senjata yang lebih lama lagi atau bahkan permanen di wilayah sarat konflik tersebut.

Dilansir dari Times of Israel (Jumat, 15/8/2014), sebuah sumber dari Hamas mengatakan bahwa dirinya yakin bahwa pertempuran tidak akan pecah lagi di sana. Harapan tersebut akan terwujud bahkan jika kesepakatan masih tidak tercapai pada hari Senin, 18 Agustus 2014 mendatang.

Optimisme akan datangnya “damai” ini juga disuarakan oleh pejabat Palestina. Mereka mengatakan bahwa telah terjadi kemajuan pada dialog dan mediasi yang berlangsung di Kairo, dengan Mesir bertindak sebagai mediatornya.

Dialog antara Israel dan Hamas masih terus berlangsung hingga saat ini, dan akan ditutup pada Senin 18 Agustus 2014. Dalam dialog ini, Hamas tetap mengutarakan poin utama mereka, yakni pencabutan blokade yang “mengurung” Gaza, serta pengaktifan akses bandara dan pelabuhan.

Konflik di Jalur Gaza telah menewaskan sekitar 2.000 warga Palestina yang mayoritas merupakan warga sipil. Meski tak sebanyak pihak Palestina, Israel pun menderita sejumlah korban jiwa yang mayoritas personil militer.

Terkait tingginya angka kematian warga sipil tersebut, pihak Israel dan Hamas saling menyalahkan. Israel dituduh melakukan serangan tanpa pandang bulu, menyasar ke wilayah permukiman, sementara Hamas dituduh telah menggunakan warga sipil sebagai “tameng manusia”. Badan Perserikatan Banga-Bangsa (PBB) pun sepakat akan melakukan penyelidikan mendalam mengenai siapa sebenarnya yang harus bertanggungjawab atas kejahatan kemanusiaan ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery