Home > Ragam Berita > Berita Uang Baru NKRI: Mulai Beredar di Mesin ATM, Berikut Ciri-Cirinya

Berita Uang Baru NKRI: Mulai Beredar di Mesin ATM, Berikut Ciri-Cirinya

Berita Uang Baru NKRI: Mulai Beredar di Mesin ATM, Berikut Ciri-CirinyaJakarta – Bank Indonesia telah merilis uang baru, yang dikenal juga dengan Uang Baru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Minggu, 17 Agustus 2014 kemarin. Pihak BI pun mengatakan bahwa uang baru NKRI ini akan beredar di mesin ATM pada hari ini, Senin 18 Agustus 2014.

BI memang sengaja menerbitkan uang baru pecahan Rp 100.000 tersebut bertepatan dengan peringatan 69 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Gubernur BI, Agus Martowardjojo mengatakan kepada media Detik (Minggu, 17/8/2014), bahwa meski sudah beredar hari Minggu, peredaran uang baru NKRI masih sedikit karena memang sebagian besar kantor BI sedang tutup.

Agus menyebut penerbitan uang baru NKRI tersebut sebagai sebuah “peristiwa” yang penting, oleh karenanya dilakukan bertepatan dengan peringatan HUT RI pada17 Agustus 2014. Agus juga mengatakan bahwa mulai hari Senin pecahan Rp 100.000 baru ini akan resmi beredar secara luas dan di seluruh sistem perbankan Indonesia.

Uang baru NKRI pecahan Rp 100.000 memiliki dua perbedaan yang paling menonjol dari uang kertas lama. Yang pertama, terdapat tanda tangan Gubernur BI, Agus Martowardjojo, dan Menteri Keuangan, Chatib Basri. Dalam pecahan Rp 100.000 lama, hanya terdapat tanda tangan gubernur BI saja.

Perbedaan yang kedua adalah terdapat tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Uang pecahan lama hanya bertuliskan Bank Indonesia.
Adapun Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII dikabarkan siap mengedarkan Rp 120 miliar uang NKRI ini. Peredaran uang baru ini tentunya juga akan didukung oleh pihak bank-bank lain yang ada di daerah. Tujuannya tentu agar masyarakat bisa segera mengakses uang baru tersebut. Masyarakat yang ingin memiliki uang baru NKRI ini bisa menukarkan uang lamanya di kantor BI wilayah VIII.

Lainnya mengenai uang baru NKRI
BI Resmi Edarkan Uang Baru pada 18 Agustus 2014
Kenali Ciri-Ciri Uang NKRI Baru Pecahan Seratus Ribu Rupiah

Adapun dengan beredarnya uang baru NKRI pecahan Rp 100.000 ini, belum jelas apakah uang pecahan Rp 100.000 akan ditarik peredarannya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pasca Ledakan Bom di Gereja Samarinda, Satu Balita Tewas dan Satu Lainnya Kritis

Pasca Ledakan Bom di Gereja Samarinda, Satu Balita Tewas dan Satu Lainnya Kritis

Samarinda – Pasca terjadinya ledakan bom molotov di Gereja Oikumene, Samarinda, Kalimantan Timur, pada Minggu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis