Daftar CPNS 2014: Pendaftaran Online CPNS 2014 Dibuka, Apa Saja Syarat yang Perlu Diperhatikan?Jakarta – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 telah dibuka. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pun telah melakukan penyederhanaan sistem pendaftaran bagi pelamar dengan menggunakan sistem online, melalui website https://panselnas.menpan.go.id/ , untuk lulusan SMA, D-3, dan S-1.

Baca juga
Daftar CPNS 2014: Pendaftaran Online CPNS 2014 Sudah Dibuka
Lowongan Formasi CPNS 2014 Terkonsentrasi di 4 Bidang

Adapun dalam pendaftaran tersebut, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat pertama, agar bisa mengikuti seleksi CPNS 2014, pelamar wajib melalui tahap pendaftarn online di portal tersebut. Pelamar, atau pendaftar, wajib memiliki alamat surat elektronik, atau yang bisa dikenal dengan e-mail, yang masih aktif. Dan setelah menyelesaikan registrasi di situs resmi tadi, peserta harus melengkapi beberapa syarat yang wajib dibawa pada saat pelaksanaan tes CPN 2014 nanti.

Seperti tercantum pada situs Panselnas CPNS 2014, syarat yang harus dipenuhi secara online adalah:

  1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Tahun dan nomor ijazah pendidikan terakhir
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan transkrip nilai pendidikan terakhir
  4. Berkas foto digital diri, berwarna,ukuran 200 x 150 pixel,berformat JPEG, dan ukuran file maksimal sebesar 30 KB
  5. Berkas fotokopi digital ijazah dan transkrip dalam format PDF, ukuran file maksimal 500 KB
  6. Surat elektronik (e-mail) yang aktif, dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi terbaru akan disampaikan melalui e-mail tersebut secara langsung.
  7. Judul dan abstrak dari tugas akhir/tesis/disertasi
  8. Untuk pelamar lulusan dari luar negeri, wajib melampirkan surat keterangan penyetaraan ijazah dari Dikti, Depdiknas, atau surat keterangan telah mengajukan permohonan penyetaraan ijazah.

Adapun kebenaran dari informasi berkas digital di atas nantinya akan dicek dan diverifikasi secara fisik oleh panitia sebelum dilakukannya ujian tulis. Panitia juga tidak memiliki wewenang untuk merubah informasi yang telah anda isikan pada website tadi. Jika informasi secara online tidak sesuai dengan bentuk fisiknya, maka peserta akan otomatis dinyatakan gugur, dan tidak diperbolehkan mengikuti ujian seleksi CPNS tahun 2014. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)