Berita Konflik Irak: Ledakan Bom Tewaskan 37 Orang, ISIS Pelakunya?Baghdad – Tiga bom dikabarkan telah meledak di Kota Kirkuk, Irak, pada hari Sabtu, 23 Agustus 2014 kemarin. Akibat kejadian ini, 37 orang dilaporkan meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

Seperti dilansir dari Japan Today (Minggu, 24/8/2014), seorang saksi mata mengatakan bahwa dirinya mendengar ledakan yang bersumber di antara mobil yang kemudian diikuti dengan jatuhnya sejumlah jenazah di sekitar pertokoan di Kota KirKuk tadi. Ledakan lain terjadi di Markas Intelijen Irak yang berada di wilayah Karrada. Dalam ledakan tersebut, enam orang tewas sementara 24 lainnya luka-luka.

Pemerintah Irak masih melakukan penyelidikan atas insiden maut ini. Sampai berita ini diterbitkan, belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab. Spekulasi yang beredar mengatakan bahwa ledakan ini didalangi oleh kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau paling tidak kelompok simpatisan dari mereka.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: 700 Ribu Warga Yazidi Mengungsi ke Kurdistan
Berita ISIS Terkini: ISIS Penggal Jurnalis AS, Sebarkan Video ke Dunia Maya

Seperti telah awam diketahui, Irak saat ini sedang bertempur melawan kelompok radikal ISIS yang telah menguasai sejumlah wilayah dan fasilitas di sana. Aktivitas kelompok ini begitu brutal, dengan mudahnya membunuh mereka yang tidak sependapat dan bergabung dengan mereka. Kelompok ini juga diberitakan tengah getol memburu warga etnik Yazidi yang menempati wilayah Kurdistan.

Dikabarkan bahwa sekitar 700 ribu warga minoritas, termasuk Yazidi, telah mengungsi dari beberapa wilayah di Irak untuk menghindari pergerakan ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)