Berita ISIS Terkini: Australia Bersedia Bantu AS Melawan ISIS

advertisement:


28/08/2014

Berita ISIS Terkini: Australia Bersedia Bantu AS Melawan ISISSidney – Terkait pergerakan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang telah menarik minat warga negaranya, serta mengancam keamanan dalam negeri, Australia pun mulai bertindak tegas. Baru-baru ini, Australia menyampaikan kesediaannya untuk membantu Amerika Serikat untuk melawan ISIS di Irak.

Seperti dilansir dari The Guardian (Kamis, 28/8/2014), Menteri Pertahanan Australia, David Johnston, mengatakan bahwa belum ada pembicaraan mengenai kontribusi negaranya terkait krisis di Irak, selain mengenai bantuan kemanusiaan. Namun demikian, Johnston mengatakan bahwa pihaknya akan berbicara dengan AS mengenai langkah-langkah yang harus diambil untuk memperjuangkan keselamatan warga sipil dari ancaman ISIS, baik di Irak maupun di Australia sendiri.

Johnston juga mengatakan bahwa pada dasarnya, hubungan AS dan Australia juga sangat dekat. Kedua negara ini juga memiliki pandangan yang sama terkait ISIS.

Baca pula
Berita ISIS Terkini: Bergabung dengan ISIS, 15 Warga Australia Tewas di Irak dan Suriah
Berita ISIS Terkini: Anggota ISIS asal AS Tewas di Suriah

Bila memang kerja ama tersebtu benar-benar terjadi, maka Australia pun akan melancarkan serangan udaranya dengan menggunakan pesawat jet tempur Super Hornet. Johnston yakin bahwa armada pesawat tempurnya tersebut bisa diandalkan untuk melakukan operasi serangan udara di Irak.

Keinginan Australia untuk bergabung dalam serangan udara ke Irak ini ternyata juga menuai kritik dari kubu oposisi pemerintah, yakni dari Partai Buruh. Kelompok oposisi tersebut berpendapat bahwa jika Australia sampai terlibat langsung dalam serangan udara ke Irak, maka hal tersebut akan semakin memperburuk situasi. Oleh karenanya, Juru Bicara Urusan Luar Negeri Partai Buruh Australia, Tanya Plibersek, mengatakan bahwa Pemerintah Australia harus memikirkan kembali rencana tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery