Pendaftaran CPNS 2014: Pembukaan Pendaftaran CPNS 2014 Masih Terganjal Kesiapan Masing-Masing Instansi

advertisement:


29/08/2014

Pembukaan Pendaftaran CPNS 2014 Masih Terganjal Kesiapan Masing-Masing InstansiJakarta – Saat ini memang pendaftaran CPNS Online yang tertampung dalam satu wadah yaitu di https://panselnas.menpan.go.id memang telah lancar. Bahkan kemarin saja sudah tercatat ada sekitar lebih dari 150 ribu orang yang sudah berhasil melakukan pendaftaran.

Sayangnya saat ini muncul permasalahan dimana banyak instansi yang belum siap memberikan dan juga membuka lowongan secara detail sehingga para calon peserta CPNS belum bisa melakukan registrasi. Tercatat sampai hari ini, Jumat (29/8/2014), ada sekitar 36 instansi dari total sekitar 510 instansi yang rencananya akan menerima pendaftaran dalam portal panselnas.menpan.go.id.

Padahal saat ini sudah sekitar satu minggu pendaftaran CPNS telah dibuka. Diakui oleh Herman Suryatman sebagai Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengungkapkan bahwa saat ini memang sudah banyak instansi yang diupload, namun belum siap untuk dilamar.

Tercatat ada sekitar 216 unit lowongan yang telah diupload di panselnas.menpan.go.id, dengan rincian ada sekitar 59 instansi pusat dan 157 instansi daerah. Jumlah instansi yang dapat dilamar memang tergolong sedikit, untuk instansi pusat saja baru ada sekitar 34 instansi sedangkan instansi daerah masih ada 2 unit yaitu Pemkab Musi Rawas (Sumatera Selatan) dan Pemprov Kalimantan Utara.

Masih sedikitnya jumlah instansi yang siap dilamar ini tidak lain dikarenakan belum adanya kesiapan dari instansi yang bersangkutan. Sebagai contoh kasus untuk instansi pemda masih ada sekitar 2 unit yang dapat dilamar, hal ini berkaitan dengan kesiapan dari masing-masing instansi.

Dari keterangan Herman juga didapatkan bahwa saat ini pihak panselnas tidak dengan mudah membuka lowongan walaupun rinciannya sudah dikantongi. Hal ini dikarenakan mereka harus melakukan koordinasi dan juga pemberitahuan kesiapan dengan instansi terkait.

Baca juga:
Pendaftaran CPNS 2014: Tes CAT Tidak Jamin Tanpa Adanya Kecurangan

Seperti adanya kesiapan atas penetapan panitia penerimaan tes CPNS pada masing-masing instansi, walaupun memang pendaftarannya di lakukan secara online dan terpusat. Namun panitia memiliki peranan yang cukup penting. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery