Berita Konflik Gaza Terkini: Percuma Lucuti Senjata Hamas



31/08/2014

Berita Konflik Gaza Terkini: Percuma Lucuti Senjata Hamas`Gaza – Juru bicara kelompok militan Hamas, Abu Zuhri, menyampaikan penolakannya untuk melucuti senjata. Zuhri mengatakan bahwa upaya pelucutan senjata tersebut pun percuma dilakukan.

Dilansir dari FARS (Minggu, 31/8/2014), Zuhri mengatakan bahwa tidaklah penting melucuti senjata dari rakyat Palestina. Yang paling penting dilakukan saat ini adalah melucuti pendudukan Israel di tanah Palestina, serta penghentian terhadap pasokan senjata Israel yang didapat dari Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Telah diberitakan bahwa Israek dan Hamas sepakat untuk melakukan gencatan senjata berjangka waktu panjang, mengakhiri konflik bersenjata antara keduanya yang berlangsung di Gaza. Konflik tersebut telah berlangsung selama tujuh pekan.

Perundingan di antara Israel dan Hamas, yang dimediasi oleh Mesir, menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya adalah mengenai pembukaan perbatasan laut yang ditutup oleh Israel, serta pencabutan blokade perbatasan darat untuk membuka akses keluar-masuknya barang dan orang lebih mudah dari dan menuju Palestina. Hasil lainnya dari perundingan di Kairo tersebut juga menghasilkan pembicaraan/negosiasi lanjut.

Baca juga
Berita Gaza Terkini: 73 Bangunan Masjid Hancur Akibat Konflik
Berita Konflik Gaza Terkini: Israel dan Hamas Setuju Gencatan Senjata Jangka Panjang

Adapun negosiasi lanjut akan berlangsung satu bulan lagi. Dalam negosiasi ini, akan dibahas isu pembukaan bandara dan pelabuhan Gaza, serta pelucutan senjata ,milik Hamas.

Sebelumnya, Pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, menolak dengan tegas desakan Israel agar pihak Hamas segera melucuti persenjataannya. Meshaal menganggap bahwa persenjataan yang dimiliki oleh Hamas merupakan bagian tak terpisahkan dari perjuangan mereka. Masuk akal memang, mengingat Hamas-lah satu-satunya kelompok yang masih berani melawan tekanan Israel di Palestina. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery