Berita ISIS Terkini: Militer Irak Berhasil Rebut Kembali Kota Amerli

advertisement:


1/09/2014

Berita ISIS Terkini: 300 Warga AS Telah Bergabung Bersama ISISBaghdad – Dengan dukungan pasukan Peshmerga asal Kurdi, dan serangan udara dari Amerika Serikat, pasukan Pemerintah Irak akhirnya berhasil merebut kembali kendali atas Kota Amerli. Kota ini telah dikuasai oleh kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pada dua bulan terakhir.

Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 31/8/2014), menurut laporan yang beredar, Kota Amerli berhasil diterobos masuk setelah pada Sabtu malam (30/8) pasukan AS menghujani wilayah tersebut dengan serangan udara. Setelah itu, esok harinya, gabungan dari pasukan Irak, militer Kurdi, dan militan Syiah mulai menyerbu sejumlah lokasi yang menjadi basis ISIS di kota tersebut.

Adapun dengan adanya serangan ini, sekitar 15 ribu orang dari kelompok minoritas Syiah Turki yang sempat terjebak selama dua bulan, akhirnya berhasil dibebaskan. Selain itu, 15 anggota ISIS pun berhasil ditangkap.

Wali Kota Amerli, Adel al-Bayat, mengatakan bahwa pasukan keamanan bersama pejuang militan saat ini berada di dalam Kota Amerli. Mereka berhasil menerobos barisan pertahanan ISIS dan meredakan penderitaan penduduk Amerli.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: AS Kembali Serang ISIS dan Kirim Bantuan Kemanusiaan
Berita ISIS Terkini: 300 Warga AS Telah Bergabung Bersama ISIS

Beberapa kalangan mengatakan bahwa operasi militer ini merupakan yang terbesar sejak konflik antara pasukan pemerintah dengan ISIS mencuat pada Juni lalu. Betapa tidak, empat kubu sekaligus menggempur Kota Amerli dan membuat ISIS kelimpungan.

Adapun update lainnya mengatakan bahwa Inggris, Perancis, dan Australia telah memutuskan bergabung bersama AS untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke lokasi-lokasi di Irak. Apakah mereka juga akan terlibat dalam serangan udara? Sampai saat ini masih belum diketahui. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery