Berita ISIS Terkini: ISIS Culik 40 Pria di Kirkur, Irak

advertisement:


5/09/2014

Berita ISIS Terkini: ISIS Culik 40 Pria di Kirkur, IrakBaghdad – Pergerakan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) kembali memakan korban tak berdaya. Baru-baru ini kelompok bernama baru Islamic State (IS) tersebut dikabarkan menculik sekitar 40 orang dari sebuah kota di Provinsi Kirkur, Irak. Pria-pria ini diseret masuk ke dalam mobil yang kemudian berkendara ke tempat yang tidak diketahui.

Seperti dilansir dari Associated Press (Jumat, 5/9/2014), Kota yang dimaksud adalah Kota Hawija. Kota ini memang tengah dalam kendali ISIS. Warga setempat mengatakan bahwa mereka tidah tahu mengapa tiba-tiba pria-pria tadi diculik di sebuah distrik di pinggiran Kota Hawija. Warga jelas tak bisa berbuat apa-apa melihat tindakan sewenang-wenang dari kelompok sadis tersebut.

Sampai saat ini diketahui bahwa ISIS sudah menyandera ratusan prajurit Suriah dan Irak, serta beberapa anggota kelompok militan lainnya yang tidak sependapat dengan ideologi mereka. ISIS pun juga menangkap jurnalis dan warga sipil. Sandera-sandera ini mereka manfaatkan sebagai bahan tebusan dan bahkan sebagai “properti” dalam video-video ancaman mereka, yang memperlihatkan bagaimana mereka membunuhi sandera-sandera tadi.

Sedikit mengingat ke belakang, ISIS sudah melancarkan serangannya ke wilayah uatar dan tengah Iraks ejak Juni 2014 lalu. Mereka lalu mendeklarasikan kekhalifahan di wilayah Irak dan Suriah.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: ISIS Eksekusi 770 Tentara Irak
Berita ISIS Terkini: 10 Anak Suriah Tewas dalam Sebuah Serangan

Pergerakan ISIS ini demikian militan, hingga pasukan keamanan Pemerintah Irak dan Suriah pun kesulitan menghadapinya. Ratusan bahkan mungkin ribuan tentara kedua negara tersebut telah tewas atau ditangkap oleh ISIS.

ISIS mulai menerima pukulan-pukulan telak ketika Amerika Serikat bersedia memberikan dukungan serangan udaranya untuk membantu perlawanan pasukan pemerintah Irak. Kabar terbaru menyebutkan bahwa serangan pasukan Pemerintah Irak di Mosul dan Tel Afar mengakibatkan tewasnya ajudan dari pemimpin tertinggi ISIS, yang dikenal bernama Abu Bakar Al Baghdadi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery